Senin, 30 Mei 2011

Manfaat petai bagi kesehatan

 Masihkah anda sukar makan petai?

Petai? Kebanyakan orang tidak suka dengan buah yang satu ini, selain rasa dan baunya yang tidak enak, petai juga dapat menimbulkan bau bila kita memakannya. Akan tetapi, petai memiliki banyak sekali manfaatnya jika dijadikan obat, berikut manfaat buah petai sebagai obat :
1. Depresi
Menurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi, banyak yang merasa lebih baik setelah makan petai. Hal ini terjadi karena petai mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Zat inilah yang akan membuat rileks, memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia.
2. PMS (Premenstrual Syndrome)
Jika mengalami PMS saat 'tamu' datang, Anda tak perlu minum obat ini itu, cukup atasi dengan makan petai. Vitamin B6 yang dikandung petai mengatur kadar gula darah yang dapat membantu mood.
3. Anemia
Dengan kandungan zat besi yang tinggi, petai dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.
4. Tekanan darah tinggi
Petai sangat tinggi kalium, tetapi rendah garam, sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah.
5. Kemampuan otak
Riset telah membuktikan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu belajar dengan membantu siswa semakin waspada.
6. Sembelit
Karena kandungan serat yang tinggi, maka petai akan mempermudah menormalkan kembali aksi pencernaan, membantu mengatasi permasalahan ini tanpa harus kembali ke laksatif.
7. Untuk saraf
Petai mengandung vitamin v dalam jumlah besar, sehingga akan membantu menenangkan sistem saraf.
8. Merokok
Petai dapat membantu orang yang ingin berhenti merokok. Vitamin B6 dan B12 yang dikandungnya, bersama dengan kalium dan magnesium, membantu tubuh cepat sembuh dari efek penghentian nikotin.
9. Stroke
Menurut riset dalam "The New England Journal of Medicine", makan petai sebagai bagian dari makanan sehari-hari akan menurunkan resiko kematian karena stroke sampai 40 persen.
10. Mual di pagi hari
Makan petai diantara jam makan akan menolong mempertahankan kadar gula dan menghindari muntah.

http;//www.hariastuti.blogspot.com/2009/05/manfaat-petai-pete.html -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar