Bajaj Pulsar 135 LS: Motor Light Sport Berjiwa Muda
Jumlah penduduk negara kita ini jelas masih menjanjikan, walaupun kita ketahui bahwa sepeda motor kelas bebek dan skutik masih menguasai angka penjualan sepeda motor nasional. Tapi harus diingat, bahwa keunikan budaya dan sifat penduduk Indonesia yang selalu ingin tampil beda, modern, dan trendi merupakan sebuah life-style dan ini peluang baru untuk menggarap sebuah segmen pasar motor tersendiri.
Menurut pandangan penulis blog ini SL.com, tak semua orang begitu suka dengan motor jenis bebek, atau skubek matik, walaupun kedua jenis motor tersebut memang bisa dipakai oleh siapa saja, bahkan oleh anggota keluarga. Jika mau cerdik, dan ingin menggarap sebuah segmen pasar yang baru, maka tak ada salahnya bermain di kelas sport, dengan harga jual sedikit di atas kelas motor bebek atau di atas harga motor skutik.
Target Pasar: Yang Berjiwa Muda
Sensasi berkendara motor layaknya seperti anak muda, seharusnya tidak hanya dirasakan oleh kalangan komunitas touring, namun pengendara motor harian yang kerap dipakai buat bekerja, atau mahasiswa buat kuliah yang berkutat dengan kemacetan, tetap saja ingin merasakan lajunya adrenalin motor dan memiliki perasaan yang sama, yaitu memiliki sensasi berkendara.
Kalau begitu anda mau pilih motor apa? Apakah anda ingin mencari motor yang berat, atau motor yang ringan? Anda mau pilih motor sport laki, atau motor bebek atau jenis skutik? Anda mau pilih motor sport-race atau motor sport-naked bike?
Kalau lagi bingung, mungkin anda sudah bisa tentukan dari sekarang atau mau mempertimbangkan sebuah motor yang baru saja diperkenalkan oleh PT BAJAJ AUTO INDONESIA (PT BAI) yaitu jenis Bajaj Pulsar 135 LS (Light Sport). Perkenalan produk baru ini baru saja dilakukan di Hotel Mulia, Jl. Asia Afrika Senayan Jakarta, pada hari Rabu 14 April 2010 yang lalu.
Kenapa Pilih Bajaj Pulsar 135 LS?
Menurut keterangan staff dan pimpinan PT BAI disaat acara peluncuran dihadapan para udangan kalangan media, Bajaj Pulsar 135 LS ini dipersenjatai dengan mesin 4-katup DTS-i yang menghasilkan tenaga maximal 13,5 HP pada putaran 9000 RPM. Mesin dengan pendingin udara, pakai silinder tunggal SOHC memiliki bore 54 mm dan stroke 58.8 mm dan memiliki tosi maksimal 11.4 Nm pada putaran mesin 7500 RPM.
Motor ini memiliki postur yang agresif, jok terpisah yang sporty, pakai stang jepit yang sangat cocok untuk motor kawula muda masa kini. Bajaj Pulsar 135cc ini menghasilkan performa yang setara dengan motor 150cc. Berat kosongnya hanya 122 kg dapat memberikan rasio tenaga berbanding bobot 110,6 PS/ton, membuat motor ini sepertinya memiliki keseimbangan yang optimum dari kelincahan dan kenyamanan bermanuver di jalan yang padat (macet).
Lagi, kabarnya motor ini sudah dilengkapi dengan rangka yang kuat namun ringan, menggunakan suspensi gas NitroX di bagian belakang. Bajaj Pulsar 135 LS sepertinya memang datang untuk memenuhi tantangan dari kaum muda Indonesia.
Tenaga Bajaj Pulsar 135 LS ini dihasilkan dari sistem 2-katup masuk dan 2-katup buangnya, mampu membuat motor jenis light-sport ini bisa bertahan di putaran atas hingga 10,500rpm. Mengingat faktor keamanan dan keselamatan adalah hal yang utama dari semua versi Pulsar, tak lupa motor ini dilengkapi dengan lampu DC, rem cakram depan 240 mm sebagai perlengkapan standard.
Pulsar: Motor Sport di Indonesia
Sedanghkan jasa pembiayaan sudah bisa diperoleh melalui perusahaan leasing, antara lain SOF, WOM, Kredit Plus, dan perusahaan-perusahaan pembiayaan lainnya.
Grihapathy menambahkan, bahwa unit uji coba (test ride) Bajaj Pulsar 135 LS sudah tersedia di seluruh showroom Bajaj di Indonesia. Showroom akan mulai menerima pemesanan pembelian, sementara pendistribusian motor kepada para pembeli baru akan dilakukan awal Juni 2010.
PT BAI akan memberikan reward (penghargaan) untuk para pelanggan yang mengunjungi showroom dan melakukan test ride motor Bajaj Pulsar 135 LS ini. Nah, bagi pembeli yang beruntung, akan memperoleh undian menonton perlombaan F1 di Singapura pada bulan September 2010 mendatang.
Keunggulan Mesin 4-katup DTS-i Bajaj Pulsar 135 LS
- Lebih Bertenaga: mesin 4-katup menghasilkan tenaga yang lebih besar pada area intake dan exhaust, hampir setara dengan mesin 2-katup 150cc.
- Tenaga Puncak: karakter mesin 4-katup yang ringan (ukuran sistem 4-katup yang lebih kecil dibandingkan dengan sistem 2-katup yang berat), membuat mesin mampu bertahan di putaran 10,500 rpm (dibatasi secara elektrik).
- Kecepatan dan Akselerasi: dengan kisaran RPM yang besar, mesin dapat berputar secara cepat menembus 60km/jam hanya dalam 5,1 detik dan mampu menembus 115km/jam.
- Lebih Efisien: dengan gabungan mesin DTS-i dan 4-katup tidak hanya menghasilkan performa optimal tetapi juga penggunaan bahan bakar yang efisien.
- Ramah Lingkunga: Memenuhi semua standar emisi gas buang.
Spesifikasi Teknis Bajaj Pulsar 135 LS
Mesin
- Tipe: 4-Tak, Pendingin Udara, 4-Katup, Silinder tunggal, SOHO, DTS-i
- Bore (mm) X Stroke (mm): 54 x 58.8
- Displacement (cc): 134.66
- Katup per silinder: 4
- Tenaga Maksimal (HP @ rpm): 13.5 @ 9000
- Torsi Maksimal (Nm @ rpm): 11.4 @ 7500
- Starter: Kick + Elektrik
Transmisi
- Kopling: Multiplat tipe basah
- Tingkat kecepatan: 5
- Sistem perpindahan gigi: 1 depan, 2-3-4-5 belakang
Rangka
- Tipe: Single down tube
- Suspensi Depan: Garpu Teleskopik dengan pelapis anti gesek (stroke 130)
- Suspensi Belakang: NitroX
- Rem Depan: Cakram (diameter 240 mm)
- Rem Belakang: Tromol (diameter 130 mm)
- Ban Depan: Tube-type Unidirectional – 2.75 x 17″
- Ban Belakang: Tube-type Unidirectional – 100 / 90 x 17″
- Kapasitas Tangki: 8 liter (penuh) dan 2.5 liter reserve (1.6 liter usable)
Dimensi
- Jarak Sumbu Roda (mm): 1325
- Jarak terendah ke tanah (mm): 170
- Berat kosong (kg): 122
- Elektrik
- Baterai (Aki) 12V, 5AH
- Lampu Utama 35/35W
- Lampu Belakang (tail/stop) 0.4W / 2.6W
DTS-i – Digital Twin Spark Ignition 26 W-4
Pada saat ini satu busi di ujung ruang pembakaran adalah hal yang biasa dilakukan. Bagian pengapian yang dihasilkan oleh busi memakan waktu untuk mencapai bagian terjauh dari ruang pembakaran. Ini berakibat pada pembakaran campuran udara-bahan bakar yang lambat dan menyebabkan keterbatasan dalam mengoptimalkan karakteristik ruang pembakaran. Dua busi di masing-masing ujung ruang pembakaran membantu pembakaran menjadi lebih cepat dan lebih baik. Proses pembakaran dengan Twin Spark ini sedang dipatenkan oleh Bajaj Auto Ltd. (Digital Twin Spark Ignition).
Starter dengan Digital C.D.I.
Sebuah Digital CDI dengan chip mikroprosesor 8 bit mengatur kinerja busi. Memori chip yang telah diprogram mengandung pengaturan waktu starter optimal pada saat RPM mesin manapun, sehingga mendapatkan karakteristik performa terbaik dari ruang pembakaran. CDI juga menentukan waktu pembakaran di kedua busi menjadi lebih stabil dan presisi. Bekerja sama dengan sistem Trics III, ia memberikan waktu starter yang terbaik untuk kondisi beban yang berbeda-beda.
TRICS III
Throttle Response Ignition Control System III Generation. Fungsi dari TRIOS III adalah pemicu pengapian pertama dan kedua untuk pembakaran yang sempurna terhadap campuran udara dan bensin pada berbagai posisi throttle guna mendapatkan tenaga dan performa yang optimal.
Exhaus TEC
Teknologi dalam sistem gas buang dari mesin ‘Pulsar DTS-i’. Sedangkan ‘TEC’ merupakan singkatan dari ‘Torque Expansion Chamber’. Teknologi pertama di dunia ini mampu meningkatkan torsi mesin secara drastis saat putaran rendah sehingga pengendara tidak perlu mengoper gigi terlalu sering. Knalpotnya juga mempunyai kualitas suara yang khas. la memberikan suatu identitas tertentu bagi Pulsar dan membuatnya sangat unik. Kami dengan bangga mengungkapkan bahwa Bajaj telah diberi hak paten atas inovasi “Exhaus TEC” ini.
Sekilas PT Bajaj Auto Indonesia:
Merek Pulsar saat ini merepresentasikan sensasi bermotor dengan produk Bajaj di Indonesia. Hal ini dengan segera diikuti dengan peluncuran Bajaj XCD 125 DTS-Si untuk membuka jalan bagi konsumen untuk memasuki segmen kategori motor sport.
Saat ini, PT BAI dengan kantor pusat di Jakarta dan pabrik perakitan di Cikarang, (Jakarta) memiliki lebih dari 90 showroom 3S ekslusif yang menjual Pulsar 180, Pulsar 200, dan XCD 125. Memiliki jaringan servis yang kuat dengan teknisi terlatih yang menyediakan layanan purna jual teknikal kelas dunia. Spare part asli Bajaj memiliki harga terjangkau dan mudah didadapatkan di sekuruh jaringan servis Bajaj.
sumber : http://stephenlangitan.com/2010/04/bajaj-pulsar-135-ls-motor-light-sport-berjiwa-muda/
sumber : http://stephenlangitan.com/2010/04/bajaj-pulsar-135-ls-motor-light-sport-berjiwa-muda/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar